Mencoba memahami Forex Trading dari sisi mudah.....

American Pitchfork

Posted by Trading for Living 20.42, under ,, | 10 comments


Selamat akhir pekan... Mari kita belajar dan membuat performa trading menjadi lebih baik lagi. Pekan ini saya ingin berbagi lagi kepada anda, salah satu simple trading system yang saya gunakan untuk mengumpulkan pips.

American Pichfork... dengan melihat judulnya, mungkin anda sudah mengerti arah pembahasan kali ini.  Yup, siapa tidak kenal Andrews Pitchfork?, tools ini bahkan sudah termasuk tools standart bawaan MT4. Tapi tentunya disini saya menggunakan Pitchfork dengan sedikit konyol sesuai gaya trading saya... qqqq....
Terus bagaimana dengan american?.... qqqq.... tentu saja American Pitchfork, artinya Pitchfork yang digunakan untuk trading pada american session.

Menurut pendapat saya pribadi, sesi amerika lebih bersahabat jika dibandingkan sesi eropa yang cenderung bergejolak liar. Pada sistem ini saya menggunakan gejolak sesi eropa, untuk melakukan analisa dan mengukur kemungkinan pergerakan pada sesi amerika, apakah pergerakannya berlawanan dengan sesi eropa (trend correction/reversal), atau searah dengan melanjutkan trend pada sesi eropa (trend continuation).

Oke, selanjutnya... begini cara saya menggambar pitchfork... sesuai gaya saya sendiri..qqqq... maafkan saya mr. andrews.... qqq...


Langkah-langkah :
Saya menggunakan time frame 15 menit.  (TF M15).

1. Berilah tanda pada area mulai "08.00" hingga "16.00" (GMT+1), karena saya menggunakan time zone ini, maka dalam satu hari terlihat tepat 3 area, tiap periode 8 jam. Saya pikir indicator i-ParamonWorkTime akan berguna untuk anda.
2. Pilih Insert --> Andrews' Pitchfork.
3. Klik pertama pada open candle "00.00" (GMT+1).
4. Klik kedua pada titik tertinggi di area biru.
5. Klik ketiga pada titik terendah di area biru.
6. Pitchfork anda sudah jadi.

Anda dapat mengambil posisi trading seperti contoh kemarin, GBP/USD tanggal 6, May 2011 dibawah ini :


Pada contoh di atas, anda dapat membuka posisi "Sell", ketika candle "break" median line dari atas ke bawah, pastikan candle closed di bawah median line. Anda dapat menempatkan target pada lower line pichfork anda. Ini adalah contoh counter trend pada sesi amerika terhadap sesi eropa.

Oke, kelihatannya mudah... bagaimana jika kondisinya seperti ini :


Pada gambar diatas, GBP/USD tanggal 5, May 2011. Candle "break" lower line (bukan median line), ini adalah contoh trend continuation pada sesi amerika terhadap sesi eropa.
Anda tetap dapat membuka posisi "Sell" pada candle berikutnya. Tapi dimana target akan ditempatkan?.....
adakah yang bisa bantu menjawabnya?... qqq.... jika anda memiliki ide lebih baik, silakan menulis comment...

Saya pribadi menggunakan fibonacci untuk menempatkan target pada kondisi seperti contoh diatas. Anda dapat menggambar garis fibonacci dari titik tertinggi pada area biru, menuju titik dimana candle "break" lower line. Perhatikan gambar di bawah ini :


Anda dapat menempatkan target pada garis fibonacci 150% atau 161.8%.
Sangat mudah bukan?....

Ini adalah pekerjaan malam hari bagi saya di Indonesia, setelah open posisi, biasanya saya tidur... besok sudah profit...qqqq... terkadang floating juga.. qqqq... seringkali saya biarkan, karena pada sesi asia pagi hari, akhirnya target profit tercapai.

10 komentar:

Wah very simple pak Admin strateginya.. mantap.. hehe..
Tapi bgaimana pak analisanya utk tgl 29 april & 2 mei?
Trimaksih..

Thanks... silakan, jika punya ide untuk membuatnya jadi lebih baik.

analisa tgl 29 april dan 2 mei?, maksudnya jika menggunakan strategy ini?

tanggal 2 mei memang sideways pada sesi eropa, tapi masih bisa tercapai target pada fibo 150%.

Sedangkan tanggal 29 april, tetap tercapai juga pada fibo 150% di sesi asia, pagi harinya.

saya pribadi menggabungkan teknik ini dengan gann grid dan gann fan.... tapi kalau di posting disini, malah jadi rumit. so, keep it simple...

Iya pak, yg 2 mei hit TPnya, hehe..
Utk yg 9 april itu candle sudah close di bwh lower andrews & langsung dihajar naik sampai cros median. itu bgaimana ya pak biar tidak slah ambil kputusan itu trend continue atau reversal?
Trimaksh..

qqqqq.... good questions...
@adi.... Ketika anda menggambar pitchfork, bukankah prediksi arah trend sudah terlihat?, ke arah mana channelnya?.

pada tanggal 29 april, pitchfork menunjukkan bullish channel. Keep in mind.. bahwa secara teknikal harga akan mengikuti arah channel yaitu ke atas.

Tapi kenyataannya, harga menembus lower channel lebih dulu, maka kita mengukur seberapa kemungkinan dalamnya pelanggaran ini menggunakan fibonacci. ternyata harga sampai pada garis fibo 150%. kemudian berbalik masuk kembali ke dalam channel, dimana anda bisa buy... double profit... qqqq....

Yah... inilah jalan teknikal. pada hakikatnya harga bergerak karena supply and demand yang dipengaruhi oleh banyak faktor, news, sentiment dan hal-hal rumit lainnya.. sehingga bisa saja terlihat adanya pelanggaran secara teknikal.

Dengan teknikal analysis, kita mencoba untuk memberikan batasan-batasan... mencoba menangkap apa yang terjadi pada market dengan membaca pergerakan chart.

Wah trimaksih banyak pak Admin penjelasannya... saya yg newbie ini jadi semakin memahami forex... ^_^
Sukses selalu pak Admin...
Tuhan memberkati...

Hoohohoo Siip,,, Saran saya,,, gunakan indikator ini hanya pada sesi pembukaan saja, maksudnya begini, untuk indonesia tecinnta ini pada jam 4 pagi buka tuh MT4, pasang indikator Kang andere pitrok itu,,, taruh pada harga di sesi kamarin dan lihat harga pembukaan, dimana harga sekarang? jika di bawah garis tengah (jauh dari garis tengah) pitrok maka pasang posisi sell dg TP 15-20 Pip Saja, jangan banyak-banyak,, heheee
begitu sebaliknya,,
kalau pembukaan berada dibawah garis tengah pitrok (perkiraan agak mepet dg garis tengah) maka perjalanan forex akan naik dulu kira2 15Pip kemudian turun lagi, silahkan curi pip dari sini.

Kesimpulan JIka harga birada di bawah pitrok maka tren akan turun kuat pada sore harinya dimulai dari jam 3 sore lihat gerakanya cepet kn???
boleh di TP sampai dengan 50Pip...

Buktikan di MT4, Dg waktu H1, dan buat garis perharinya.
Pelajari semua, dg Kesimpulan 80% benar dan 10% salah dan 10% harga benar,, tetepi penutupan akan berbalik arah.


Semua keterangan diatas berlaku jiga untuk kebalikanya kalau berada di atas garis pitrok....

genius... thanks for sharing...

sebagai tambahan,,
setip trader mugkin punya cara yang berbeda ketika menggunakan alat ini. tapi alan andrew yang menciptakan alat ini memberikan aturan dasar bagaimana cara menggunakannya yang bisa di lihat di sini http://metode-trendline.blogspot.com/
semoga bermanfaat!!

Om...forum Q....tolong inboki detile pegunaan garis pitrok yang om maksud tu.....sekalian gambarin dong om.....biar jelas......tolong ya om......biar ikut berguna bagi saya...... ini email aku om...andisutanda@gmail.com

assalamualaikum pak boleh bg link download indi pitchfork ni. di MT4 saya tiada

Posting Komentar