Mencoba memahami Forex Trading dari sisi mudah.....

Berlatih Trading dengan Simulator

Posted by Trading for Living 03.30, under | 15 comments


Tiada pembelajaran trading terbaik selain berinteraksi langsung dengan market. Program diatas adalah metatrader 4 yang dilengkapi dengan LFH Trade Simulator 3, yang berisikan sebuah file expert simulator dan script yang bisa digunakan untuk simulasi open posisi di market baik sell atau buy seketika dalam harga yang sedang bergerak.

Instal dulu LFH Trade simulator yang bisa di download pada link dibawah. setelah itu pastikan anda sudah memiliki program Metatrader 4 lebih dulu, karena program ini adalah tools tambahan yang tidak dimiliki Metatrader 4.

Setelah klik icon installer maka anda akan diminta untuk dimana simulator ini akan diekstrak, maka pilih tempat dimana metatrader anda diinstal, biasanya C://Program Files/Metatrader anda/ terus enter. metatrader anda maksudnya sesuai broker anda bisa tertulis Metatrader FXOpen, bisa MF Trader atau apa saja tergantung brokernya, pokoknya metatrader yg anda punya.

Setelah terinstal, buka metatrader anda. Lihat gambar diatas, Klik ikon strategi tester (panah 1) maka akan muncul jendela strategi tester dibagian bawah chart (panah 3). Tutup saja jendela transaksi diatasnya dengan klik tanda silang, anda tidak memerlukannya karena ini offline.
sedangkan panah 2 adalah script untuk transaksi anda diantaranya misal :
- LFH simulator buy open
- LFH simulator buy close
- LFH simulator sell open
- LFH simulator sell close

Oke kita mulai saja... sederhana kok penggunaannya.

1. Pada jendela strategy tester dibawah chart, pada kolom expert advisor anda drop down saja tanda panah disisi kanan dan pilih LFH Trading simulator 3
2. Pada kolom symbol isikan mata uang yang akan kita jadikan acuan misal GBPUSD
3. Pada kolom model terdapat beberapa pilihan, yang terbaik dan terakurat adalah every tick.
4. Pada kolom Use date, beri tanda centang dan isikan tanggal pada kolom from dan to misal 2010.06.01 to 2010.06.02 maksudnya kita akan gunakan data trading pada pembukaan pasar 1 juni 2010 hingga penutupan pasar, jadi tanggal 1 saja dan tanggal 2 nya tidak ikut.
5. Pada kolom visual mode, beri tanda centang maksudnya supaya kita bisa lihat pergerakan harga setiap tick yang terjadi, kita bisa atur kecepatan pergerakan harga dengan slide bar disebelahnya jika kita geser ke kanan maka akan bergerak semakin cepat.
6. Pada kolom Periode bisa kita isikan time frame yang akan kita pakai untuk latihan, tersedia pilihan dari M1, M5, M15, H1, H4, D1 dst. Contoh diatas saya pilih M15.
7. Ok tinggal klik tombol start.

wuss... muncullah chart baru dilayar sesuai yang sudah kita setting. Lihat harganya bergerak bukan.... lihatlah begitulah market terbesar di dunia ini bergerak... kadang naik, kadang turun membentuk gelombang-gelombang yang bisa juga kita tampilkan dalam bentuk candlestick, bar chart atau line chart.

Sekarang kita simulasikan untuk open posisi pada market (OP).
anggaplah indikator yang kita gunakan mengindikasikan bahwa harga akan turun, maka kita akan open posisi sell. langkahnya sbb :
1. Lihat menu script (tanda panah no.2) pilih LFH Simulator Sell Open dengan klik 2x
2. Akan muncul tampilan option yang berisi target dan stop loss yang kita isikan misal masing-masing 25 pips berikut volumenya misal 1 lot.
3. klik OK

Maka akan tampil dichart 3 buah garis dimana garis warna hijau putus-putus adalah titik open posisi (OP), garis hijau dibawahnya adalah titik target profit (TP) dan garis merah diatasnya adalah Stop Loss (SL).

Maka ketika ternyata prediksi tepat dan harga bergerak turun yang kemudian menyentuh target profit maka order akan close.
Silakan anda lihat tab paling bawah sebelah setting adalah results, klik tab ini maka anda akan bisa melihat history transaksi sell anda yang sudah close tp sebesar 25 pips. Anda juga bisa melihat tab-tab informasi disebelahnya.

Mudah bukan, anda bisa melanjutkan simulasi trading dengan cara diatas dan seandainya ingin menutup posisi sebelum target profit atau stop loss tersentuh anda bisa pilih klik script LFH Simulator Sell Close atau Buy Close sesuai posisi yang anda buka hingga simulator ini berhenti sampai akhir periode. Anda bisa juga menekan tombol Stop jika ingin mengakhirinya lebih awal pada tab setting.


silakan download simulator disini.

Trade_Simulator_Installer.exe

15 komentar:

Terimakasih banyak atas infonya...

sangat berguna untuk mengukur ketajaman anlisa.

serta tidak perlu makan banyak waktu untuk melihat hasil dari Open posisi yang kita ambil.

Link'y tidak berlaku gan.. :('

new link trade simulator :

http://www.mediafire.com/?48o8ofu4dql9gq4

akhirnya dpet tutorialnya , nice share

mohon share ye saudara.terima kasih.

thanks for your information

klo untuk order Sell stop gmana ya,,
contohnya saya pengen order sell stop di harga 1.2345 trus cara setting nya gmana ?

terima kasih gan ..
izin kopas .. :)

Permisi gan ..
Bagi yang mau donlot LFH installernya beserta panduan Installasinya bisa ke TKP..

http://beljartradingforex.blogspot.com/2012/12/download-trading-simulator.html

makasi banyak atas informasinya
bisakah kita melakukan entry dengan menggunakan simultor,
kalau bisa bagaimana caranya?
mohon penjelasannya.

software ini bisa membuka langsung 2 posisi gak gan..? soalnya yg saya punya cuma bisa membuka 1 posisi saja. saya lagi belajar teknik hedging nih. simulator tradingnya gak bisa open order langsung 2 order secara bersamaan.

Terima kasih untuk ilmunya. Saya trading real di broker forex armada markets dengan spread kecil, barangkali ada yang tertarik.

kok udah download gakbisa diinstal gan?

Terima kasih infonya gan, nanti saya praktekan di akun octafx, modal hanya $5 dan spread yang kecil. Tapi kalau untuk hedging bisa gak?

Poskan Komentar